Sekecil apapun yang bisa kita perbuat asalkan itu kebaikan mari kita usahakan, karena sesuatu yang besar itu berasal dari yang kecil.
فقد أخرج مسلم في صحيحه من حديث أبي ذر رضي الله عنه قال: قال لي النبي صلى الله عليه وسلم: لا تحقرن من المعروف شيئا ولو أن تلقى أخاك بوجه طلق.

BIMBINGAN MANASIK HAJI

BIMBINGAN IBADAH HAJI

Bacaan Talbiyah:
لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ،إِنَّ 
اْلحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَاْلملْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ

Aku datang memenuhi panggilan-Mu, ya Allah
Aku datang memenuhi panggilan-Mu.
Aku datang memenuhi panggilan-Mu…
Tidak ada sekutu bagi-Mu.
Aku datang memenuhi panggilan-Mu…
Sesungguhnya segala puji, ni’mat, dan segenap kekuasaan adalah milik-Mu,
Tidak ada sekutu bagi-Mu.


1.       Doa Keluar Rumah
بِسْمِ اللهِ آمَنْتُ بِاللهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَ حَوْلَ وَ لاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ اْلعَلِيِّ اْلعَظِيْمِ
Dengan nama Allah, aku beriman kepada Allah, aku berserah diri kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan, melainkan atas pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.
2.       Doa Sewaktu Naik Kendaraan

بِسْمِ اللهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا ، إِنَّ رَبِّيْ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
Dengan nama Allah di waktu berangkat dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun
3.       Doa Sewaktu Kendaraan Mulai Berangkat

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ . اللهُ أَكْبُرْ ، اللهُ أَكْبَرْ ، اللهُ أَكْبَرْ ، سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هٰذا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ . وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ .
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha Suci Allah yang telah menundukkan bagi kami kendaraan ini, sedangkan kami tidak kuasa menundukkannya; dan sesungguhnya kami, kepada Tuhan kamilah pasti akan kembali.

4.       Doa Ketika Tiba di Tempat Tujuan
اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ أَهْلِهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا
Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan segala yang ada di dalamnya; dan kami berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan dari keburukan penduduknya serta keburukan segala yang ada di dalamnya.

5.       Doa Ketika Masuk Kota Madinah

اللهُمَّ هٰذَا حَرَمُ رَسُوْلِكَ فَاجْعَلْهُ لِيْ وِقَايَةً مِنَ النَّارِ وَأَمَانَةً مِنَ اْلعَذَابِ وَسُوْءِ اْلحِسَابِ
Ya Allah, negeri ini adalah Tanah Suci Rasul-Mu, Muhammad saw. Maka jadikanlah ia penjaga bagiku dari neraka dan keamanan dari azab serta buruknya hisab di Hari Akhir.

6.       Niat Umroh

نَوَيْتُ اْلعُمْرَةَ وَأَحْرَمْتُ بِهَا للهِ تَعَالَى
Aku berniat umrah dan berihram dengannya karena Allah Ta’ala

7.       Doa selesai Ihram

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أُحَرِّمُ نَفْسِيْ مِنْ كُلِّ مَا حَرَّمْتَ عَلَى اْلمُحْرِمِ فَارْحَمْنِيْ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْن
Ya Allah, sesungguhnya aku telah mengharamkan atas diriku segala yang telah Engkau haramkan atas orang yang berihram. Maka sayangilah aku, wahai Maha Penyayang.

Bacaan Shalawat

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدْ

Dilanjutkan dengan doa
اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ رِضَاكَ وَاْلجَنَّةَ وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ سَخَطِكَ وَالنَّارِ .
رَبَّنَا آتِنَا فِيْ الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ .


8.       Doa Memasuki Kota Makkah
اللهم هذا حرمك وامنك فحرم لحمى ودمى وشعرى وبشرى على النار وامنى من عذابك يوم تبعث عبادك واجعلني من اوليائك واهل طاعتك
9.       Doa  Masuk Masjidil Haram
اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلاَمُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلاَمِ وَأَدْخِلْنَا اْلجَنَّةَ دَارَ السَّلاَمِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَا اْلجَلاَلِ وَالإِكْرَامْ . اللَّهُمَّ افْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ ، بِسْمِ الله وَاْلحَمْدُ لله وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ الله 
Ya Allah, Engkau sumber keselamtan dan dari-Mu-lah datang keselamatan. Maka hidupkanlah kami dengan selamat-sejahtera, dan masukkanlah kami ke delama surga, Negeri Keselamatan. Maha banyak anugerah-Mu dan Maha Tinggi Engkau, Wahai Tuhan yang memiliki keagungan dan kehormatan. Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu. (Aku memasuki masjid ini) dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah serta keselamatan dan kesejahteraan bagi Rasulullah.

10.   Doa Melihat Ka’bah

اللَّهُمَّ زِدْ هَذَا اْلبَيْتَ تَشْرِيْفًا وَتَعْظِيْمًا وَتَكْرِيْمًا وَمَهَابَةً ، وَزِدْ مَنْ شَرَّفَهُ وَعَظَّمَهُ وَكَرَّمَهُ مِمَّنْ حَجَّهُ أَوِ اعْتَمَرَهُ تَشْرِيْفًا وَتَعْظِيْمًا وَتَكْرِيْمًا وَبِرًّا .
Ya Allah, tambahkanlah kemuliaan, keagungan, kehormatan, dan kewibawaan pada Bait (Ka’bah) ini;
Dan tambahkanlah pada orang-orang yang memuliakan, mengagungkan, dan menghormatinya dari orang-orang yang berhaji atau berumrah kepadanya, kemuliaan, keagungan, kehormatan, dan kebaikan.

11.   Syarat Sah Thawaf

1.       Menutup aurat
2.       Suci dari hadas
3.       Dimulai dari—dan berakhir pada—arah Hajar Aswad
4.       Baitullah (Ka’bah) di sebelah kiri
5.       Dilaksanakan 7x putaran
6.       Berada di dalam Masjidil Haram
7.       Tidak ada tujuan lain kecuali thawaf
8.       Niat thawaf jika thawaf itu sunat

12.   Bacaan Mulai Thawaf

بِسْمِ اللهِ اللهُ أَكْبَر

13.   Dzikir Sewaktu Thawaf

سُبْحَانَ الله وَاْلحَمْدُ لله وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَاللهُ أَكْبَرْ ، وَلاَحَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ اْلعَلِيِّ اْلعَظِيْم
14.   Rukun Yamani

بِسْمِ اللهِ اللهُ أَكْبَرْ ،رَبَّنَا آتِنَا فِيْ الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ ،وَأَدْخِلْنَا اْلجَنَّةَ مَعَ اْلأَبْرَارْ ، يَا عَزِيْزْ يَا غَفَّارْ يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْن

15.   Shalat Sunnah Sesudah Thawaf

l  Shalat dua rakaat di belakang Maqam Ibrahim dan berdoa
l  Shalat mutlaq di Hijir Isma’il
l  Berdoa di multazam
l  Minum air zamzam
l  Menuju mas’a (tempat sa’i)

16.   Doa Ketika Melintasi Maqam Ibrahim

 رَبِّ أَدْخِلْنِيْ مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنِيْ مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لِيْ مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا . وَقُلْ جَاءَ اْلحَقُّ وَزَهَقَ اْلبَاطِلُ إِنَّ اْلبَاطِلَ كَانَ زَهُوْقًا .
Ya Tuhanku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang menolong. Dan katakanlah bahwa yang benar itu pasti datang dan yang batil itu pasti lenyap. Sesungguhnya yang batil itu selalu lenyap.

17.   Doa Ketika Mau Minum Air Zamzam

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَسَقَمٍ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْن
Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat dan rezki yang luas serta kesembuhan dari segala penyakit dan kepedihan dengan rahmat-Mu, ya Allah Yang Maha Pengasih

18.   Sa’i

1.       Didahului dengan thawaf
2.       Tertib
3.       Menyempurnakan 7x perjalanan antara bukit Safa dan Marwah
4.       Dilaksanakan di tempat sa’i


19.   Doa Ketika Hendak Mendaki Bukit Shafa
بسم الله الرحمن الرحيم . أَبْدَأُ بِمَا بَدَأَ اللهُ بِهِ وَرَسُوْلُهُ : إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ فَمَنْ حَجَّ الْبَيْتَ أَوِ اعْتَمَرَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِ أَنْ يَطَّوَّفَ بِهِمَا وَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَإِنَّ اللَّهَ شَاكِرٌ عَلِيمٌ (البقرة 158)
Sesungguhnya Shafaa dan Marwah adalah sebahagian dari syi`ar Allah. Maka barangsiapa yang beribadah haji ke Baitullah atau ber-`umrah, maka tidak ada dosa baginya mengerjakan sa`i antara keduanya. Dan barangsiapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka sesungguhnya Allah Maha Mensyukuri kebaikan lagi Maha Mengetahui.

20.   Doa Dalam Perjalanan Bukit Shafa dan Marwa

اللهُ أَكْبَرْ ، اللهُ أَكْبَرْ ، اللهُ أَكْبَرْ ، اللَّهُمَّ اسْتَعْمِلْنِيْ بِسُنَّةِ نَبِيِّكَ وَتَوَفَّنِيْ عَلَى مِلَّتِهِ وَأَعِذْنِيْ مِنْ مُضِلاَّتِ اْلفِتَنْ .
Allahu Akbar 3x. Ya Allah, bimbinglah aku untuk beramal sesuai sunnah Nabi-Mu dan wafatkanlah aku dalam berpegang pada agamanya serta hindarkanlah aku dari cobaan yang menyesatkan.

21.   Doa Diantara Dua Pilar Hijau
رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاعْفُ وَتَكَرَّمْ وَتَجَاوَزْ عَمَّا تَعْلَمُ إِنَّكَ تَعْلَمُ مَا لاَ نَعْلَمُ إِنَّكَ أَنْتَ اللهُ اْلأَعَزُّ اْلأَكْرَمْ
Ya Allah, ampunilah, sayangilah, maafkanlah, bermurah hatilah, dan hapuskanlah (dosa-dosa kami) yang Engkau ketahui, karena sesungguhnya Engkau Mengetahui apa-apa yang tidak kami ketahui. Sesungguhnya Engkau, ya Allah, Maha Mulia dan Maha Pemurah.
22.   Doa Ketika Mendaki Bukit Marwa
إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ فَمَنْ حَجَّ الْبَيْتَ أَوِ اعْتَمَرَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِ أَنْ يَطَّوَّفَ بِهِمَا وَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَإِنَّ اللَّهَ شَاكِرٌ عَلِيمٌ (البقرة 158)
23.   Doa Menggunting Rambut


اللَّهُمَّ اجْعَلْ لِكُلِّ شَعْرَةٍ نُوْرًا يَوْمَ اْلقِيَامَةْ
Ya Allah, jadikanlah untuk setiap helai rambut yang aku gunting ini cahaya pada Hari Kiamat
Menggunting rambut/mencukur/tahallul paling sedikit 3 helai rambut.






























Subscribe to receive free email updates: